Animasi merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Seni Rupa pada Bidang Keahlian: Seni dan Industri Kreatif. Selama masa pembelajaran 3 tahun, siswa akan dibekali dengan mata pelajaran yang terdiri dari Muatan Nasional, Muatan Kewilayahan, dan Muatan Peminatan Kejuruan. Muatan Peminatan Kejuruan terdiri dari Dasar Bidang Keahlian, Dasar Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian. Berikut akan kita bahas Mata Pelajaran Kompetensi Keahlian atau Mata Pelajaran Produktif pada SMK Jurusan Animasi :
- VideografiMateri pokok pada mata pelajaran ini adalah bagaimana mempresentasikan konsep dan kegunaan videografi dalam animasi, memahami proses dan teknik videografi hingga mempresentasikan hasil karya videografi. Secara teknis, siswa akan dibekali agar mampu berkarya videografi (membuat skenario, storyboard, pengambilan gambar produksi, editing-dubing-pemberian animasi dan melakukan pasca produksi). Selain itu juga membekali peserta didik agar mampu melaksanakan editing video dengan software yang ada misalnya adobe premier,pinnacle dan corel video studio.
- Animasi 2DAnimasi 2D akan mempelajari tentang prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector) dan membuat gambar obyek menggunakan aplikasi animasi 2D dengan berbagai teknik. Selain itu akan dibahas juga bagaimana membuat produk animasi 2D hingga membuat review terhadap produk animasi 2D.
- Animasi 3DMata pelajaran Animasi 3D akan membahas bagaimana membuat sketsa rancangan obyek 3D, membuat dan mengolah model sederhana berbasis 3D Hardsurface, membuat gerak digital non character dalam aplikasi 3D, menerapkan teknik Rendering pada obyek 3D, hingga membuat produk animasi 3D menggunakan obyek-obyek sederhana.
- Digital ProcessingMateri pokok dalam mata pelajaran Digital Processing adalah bagaimana memindahkan gambar manual menjadi bentuk digital dengan menggunakan perangkat yang tersedia. Mata pelajaran ini juga akan membahas bagaimana memproses gambar manual yang sudah dalam bentuk digital tersebut.